Kamis, 27 Maret 2014

INISIASI 8 MEDIA TEKNOLOGI


INISIASI 8

Hallo Selamat Pagiii... tidak terasa kita sudah sampai pada inisiasi 8 yang merupakan inisiasi terakhir dari tuton ini. Berikut saya sampaikan materi inisiasi 8 dengan topik “Sumber Informasi dan Perpustakaan Digital”.

Perkembangan teknologi informasi telah menyajikan beragam informasi digital yang memudahkan dalam akses informasi. Berbagai sumber-sumber informasi telah diterbitkan dalam bentuk digital seperti jurnal elektronik, buku elektronik, database online, dan sumber-sumber informasi lainnya. Seiring dengan perubahan tersebut, kemudian muncul perpustakaan-perpustakaan elektronik dan perpustakaan digital.

Teknologi digital merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal gelombang analog menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit. Kelebihan dari teknologi digital ini adalah kemampuannya untuk memproses pengiriman data dalam lalu lintas komunikasi yang padat.

Kelebihan dari teknologi digital adalah kemampuannya untuk memproses pengiriman data dalam lalu lintas komunikasi yang padat. Sedangkan analog, digunakan untuk komunikasi yang lalulintasnya rendah. Sinyal dalam bentuk digital ini mampu mengirimkan data dengan cepat, dengan kapasitas yang lebih, dan memiliki tingkat error yang kecil, apabila dibandingkan dengan sinyal analog.

Digital library (DL) atau perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Istilah digital library sendiri mengandung pengertian sama dengan electronic library, perpustakaan maya atau virtual library, perpustakaan hyper, perpustakaan cyber, dan perpustakaan tanpa dinding.

Keuntungan perpustakaan digital menurut Chapman dan Kenney, yaitu: institusi dapat berbagi koleksi digital, koleksi digital dapat mengurangi kebutuhan terhadap bahan cetak pada tingkat lokal, penggunaannya akan meningkatkan akses elektronik, dan nilai jangka panjang koleksi digital akan mengurangi biaya berkaitan dengan pemeliharaan dan penyampaiannya.
Secara umum, perpustakaan digital memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.
1. Mampu memberikan layanan jauh.
2. Memberikan akses yang mudah.
3. Pemeliharaan koleksi secara digital.
4. Mampu memberikan jawaban yang tuntas karena informasi yang disediakan full text.
5. Merupakan jaringan global.

Sumber informasi digital yang dapat dimanfaatkan oleh perpustakaan dalam pemberian layanan, yaitu meliputi buku elektronik (e-books), jurnal elektronik (e-journal), dan basis data elektronik (online database).

E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam. ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe.

Prytherch (2000) dalam Harrod’s Librarians’ Glossary and Reference Book mendefinisikan jurnal elektronis sebagai jurnal di mana semua aspek (penyiapan, review, penerbitan dan penyebaran) dilakukan secara elektronis.

Dari segi kebebasan akses, jurnal elektronis dapat dibedakan ke dalam dua kelompok, yaitu: (1) jurnal yang bebas diakses tanpa biaya dan dapat dicetak atau bebas download, dan (2) jurnal yang tidak dapat diakses tanpa password atau tanpa melanggannya.

Secara sederhana yang dimaksud dengan database elektronik atau database online adalah suatu databases yang dapat diakses oleh komputer secara online melalui internet. Ada banyak penyedia database online, seperti Proquest, Ebsco, dan lain-lain.


0 komentar: