Kamis, 27 Maret 2014

INISIASI 2 BAHASA INGGRIS UNTUK PUSTAKAWAN


Hello guys... how are you..?? Hope you are all just fine.
This time we'll talk about Adjectives.

Adjectives atau kata sifat adalah suatu kata yang diikuti oleh kata benda yang digunakan untuk menambahkan makna terhadap kata benda tersebut.(Wren & Martin, S.Chand & Company, 1974).

Adjectives dalam kalimat dapat menjelaskan kata benda (nouns), kata ganti(pronoun) dan linking verbs.

Berikut ini adalah contoh adjectives yang berfungsi menjelaskan kata benda:
• I have a new car; new adalah adjective yang menjelaskan kata benda “car”
• She likes the blue skirt; blue adalah adjective yang menerangkan kata benda “skirt”

Adjectives yang berfungsi menjelaskan kata ganti (pronoun)
• She is beautiful; pada kalimat ini beautiful adalah adjective yang menjelaskan kata ganti “she”
• They are diligent; diligent adalah adjective yang berfungsi menjelaskan kata ganti they

Selain menjelaskan kata benda dan kata ganti, adjectives juga dapat digunakan untuk menjelaskan linking verbs. Linking verbs adalah kata kerja seperti look,feel, smell, taste seem, sound, become,dan seterusnya.(Vincent F.Hopper,Barron’s,c2000).

Contoh adjectives yang menjelaskan linking verbs:

• The cookie smells delicious
Pada contoh kalimat di atas, “delicious” adalah kata sifat yang menjelaskan kata kerja “smells”.

Jenis-jenis kata sifat (adjectives)

Adjectives (kata sifat) dapat dikenali dalam beberapa kategori. Pengelompokan adjectives ini dimaksudkan agar kita dapat lebih mengenali kata sifat (adjectives) di dalam kalimat. Adjectives (kata sifat) tersebut adalah :

a. Adjectives of quality

Adjectives of quality adalah kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan kualitas orang atau benda lainnya. Ukuran kualitas dapat ditunjukkan dalam berbagai hal. Selain menunjukkan kualitas orang, kata sifat dapat menunjukkan kualitas benda misalnya berdasarkan kualitas bentuk (shape), usia (age), bahan (material), warna (colour) dan sebagainya.
Misalnya :
- The tourists like to visit ancient temples

b. Adjectives of quantity
Adjectives of quantity adalah kata sifat yang menunjukkan kuantitas suatu benda atau jumlah suatu benda. Adjectives of quantity disebut juga adjectives with uncountable noun atau kata sifat yang mengikuti kata benda yang tidak dapat dihitung.

Contoh kata sifat ini dapat dilihat pada kalimat berikut ini :

- There is some water on the floor. Some pada kalimat ini adalah adalah adjective atau kata sifat yang menjelaskan kata benda “water”. Water adalah uncountable noun (kata benda yang tidak dapat dihitung), oleh karena itu some dikatakan sebagai contoh adjective of quantity atau adjective of uncountable noun.

c. Adjectives of number (Numeral Adjectives)

Adjective of number adalah kata sifat yang menunjukkan jumlah orang atau jumlah suatu benda. Jelasnya kata sifat ini digunakan untuk menunjukkan berapa banyak orang atau benda yang kita maksudkan.

Baik pada adjective of quantity maupun pada adjective of number, keduanya menggunakan kata sifat yang sama untuk  menunjukkan “jumlah” orang atau benda lainnya, yang membedakan hanya kata benda yang mengikutinya. Kalau pada adjectives of quantity kata benda yang mengikutinya adalah uncountable noun (kata benda yang tidak dapat dihitung), maka pada adjectives of number (numeral adjectives) kata benda yang mengikutinya adalah kata benda yang dapat dihitung (countable nouns). Oleh karena itu, adjectives of number disebut juga adjectives with countable noun.

Contoh adjective/kata sifat ini adalah:

- There are some Mexicans here

d. Proper adjective

Proper adjective adalah kata sifat yang dibentuk dari proper noun. Proper nouns adalah kata benda yang merujuk kepada orang, tempat dan benda-benda tertentu (Susan Jaderstrom, 2003).
Kata benda yang digunakan sebagai kata sifat biasanya menjawab pertanyaan What kind (jenis apa?) atau Which one (yang mana?)

Contohnya:

- My younger sister eats snack food. (What kind of food does she eat?) Dalam kalimat ini “snack” adalah proper adjective yang berasal dari proper noun (kata benda tertentu).

e. Compound adjective

Compound adjective adalah kata sifat yang terbentuk dari dua atau lebih kata didalam kalimat.

Contoh :

- She is a long-distance operator
- My grandmother usually reads bedtime story before I sleep

Dalam kalimat “She is a long-distance operator” yang manakah yang menjadi kata sifat adalah “long-distance” yang menerangkan kata benda “operator”, dan dalam hal ini “long-distance” disebut sebagai kata sifat majemuk.

Bagaimana dengan kalimat kedua, ”My grandmother usually reads bedtime story before I sleep”, yang menjadi kata sifatnya adalah “bedtime”. “Bedtime” merupakan kata sifat majemuk yang dalam kalimat di atas menerangkan kata benda “story”.

0 komentar: