Senin, 24 Maret 2014

INISIASI 6 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN



Inisiasi 6
Selamat berjumpa kembali pada forum diskusi matakuliah Manajemen Perpustakaan (PUST 2229). Pada Inisiasi ke- 6 ini kita akan berdiskusi tentang Layanan Referens. Seperti biasa, Anda tentunya telah mempersiapkan diri dengan membaca modulnya. Wawasan Anda akan bertambah luas apabila Anda membaca dan mempelajari bahan acuan lain yang relevan sehingga Anda cukup mempunyai bekal untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas kita.

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa layanan referens adalah layanan yang bersifat pribadi dan langsung bagi mereka yang mencari informasi di perpustakaan untuk berbagai tujuan. Agar fungsi dan tujuan layanan referens ini dapat tercapai dengan baik maka layanan referens tersebut harus didukung oleh petugas yang cakap, ramah, bersedia membantu pemakai serta mengetahui teknik bimbingan. Selain itu, keberhasilan layanan referens ini juga ditentukan oleh kondisi koleksi referens itu sendiri.

Sekarang coba Anda diskusikan dengan teman-teman Anda, berdasarkan pengalaman Anda, hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menyiapkan layanan referens? Apakah Anda juga melakukan bimbingan penggunaan bahan referens umum kepada pengguna perpustakaan? Jika ya, bagaimana Anda melakukannya? adakah kendala-kendala yang mungkin dialami dalam menyelenggarakan layanan referens ini? Jika ya, bagaimana cara Anda mengatasinya? Apa usaha Anda dalam memperkenalkan koleksi bahan referens agar koleksi tersebut dikenal oleh para pengguna perpustakaan? Silakan Anda mendiskusikannya dengan kelompok belajar Anda, baik secara tatap muka maupun melalui diskusi kelas pada tutorial ini.

Selamat berdiskusi.

0 komentar: