Senin, 24 Maret 2014

INISIASI 5 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN




Inisiasi ke 5
Manajemen Perpustakaan (PUST 2229)

Saudara mahasiswa Program Studi D2 Perpustakaan. Pada Inisiasi ke-5 ini kita akan mendiskusikan tentang Otomasi Perpustakaan.
Otomasi adalah penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan hingga tidak memerlukan lagi tangan manusia. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, hal 631).

Seperti Anda ketahui kehadiran teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah tidak bisa lagi ditawar-tawar. Siap atau tidak siap kita harus menerima kehadirannya. Perkembangan teknologi ini sangat berpengaruh terhadap aspek kehidupan manusia termasuk perpustakaan.

 Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi tersebut, maka pada saat ini perpustakaan dituntut untuk menerapkan layanan sirkulasi berbantuan komputer (otomasi perpustakaan). tuntutan untuk melakukan otomasi perpustakaan antara lain juga disebabkan oleh adanya:
1. tuntutan terhadap jumlah dan mutu layanan perpustakaan;
2. tuntutan terhadap penggunaan koleksi secara bersama;
3. kebutuhan untuk mengefektifkan SDM;
4. tuntutan terhadap efisiensi waktu;
5. kebutuhan akan ketepatan layanan informasi;
6. keragaman informasi yang dikelola.

Pertanyaannya yang untuk kita diskusikan adalah:
a. bagaimana dengan Anda, apakah otomasi perpustakaan ini sudah dilakukan di instansi Anda? Jika belum, mengapa?
b. Bagaimana dengan software yang digunakan, apakah sebaiknya menggunakan software buatan sendiri, atau menggunakan software yang sudah ada yang dibuat oleh vendor komersial?

0 komentar: