Senin, 24 Maret 2014

INISIASI 7 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN



Saudara mahasiswa , selamat berjumpa kembali pada forum diskusi mata kuliah Manajemen Perpustakaan (PUST 2229).

Saudara pada tuton kali ini kita akan mendiskusikan tentang Organisasi dan Pengisian Jabatan di Perpustakaan. Seperti biasa Anda tentunya telah mempersiapkan diri dengan membaca modulnya. Tentunya wawasan Anda juga akan semakin bertambah luas apabila Anda juga membaca dan mempelajari bahan acuan lain yang relevan sehingga Anda cukup mempunyai bekal untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas kita.

Saudara mahasiswa, pengorganisasian merupakan salah satu fungsi manajemen yang harus diperhatikan oleh perpustakaan. Dengan adanya pengorganisasian akan jelas siapa yang menjadi atasan dan siapa yang menjadi bawahan dengan wewenang dan tanggung jawabnya masing-masing, sehingga masing-masing dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia serta dengan semakin beragamnya koleksi elektronik maka struktur organisasi perpustakaan pun tentunya perlu disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan kebutuhan organisasi perpustakaan saat ini. Namun, untuk mengubah struktur organisasi sesuai kebutuhan saat ini tentunya tidak mudah, tidak bisa asal diubah dan asal menempatkan orang, diperlukan analisis yang mendalam untuk menempatkan seseorang pada suatu jabatan tertentu dalam organisasi.

Saudara mahasiswa, secara umum bagaimana pendapat Anda tentang kondisi organisasi perpustakaan di Indonesia sekarang ini? Apakah struktur organisasi dan pengisian jabatan di perpustakaan tempat Anda bekerja atau di perpustakaan yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda sudah sesuai dengan kebutuhan saat ini? jika belum, mengapa? Apa harapan Anda untuk perkembangan atau kemajuan organisasi perpustakaan di Indonesia? Jelaskan jawaban Anda dan diskusikan dengan teman-teman Anda.

0 komentar: