Senin, 24 Maret 2014

INISIASI 5 B.INDONESIA



Berbagi Pengalaman Membaca Teks

 Kemampuan membaca tiap orang tidaklah sama. Ada yang sanggup membaca tiga halaman teks dalam waktu lima menit, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama dari itu untuk menggapai halaman ketiga teks yang dibacanya. Meskipun demikian, hal penting yang dapat kita petik adalah kemampuan orang tersebut ketika ia dituntut untuk mengungkapkan materi yang telah dibacanya, baik secara verbal maupun tertulis. Di sinilah sikap ekspresif kita diuji. Sebagai contoh mudah, biasakanlah membaca artikel tertentu di koran atau features, dan kemudian ceritakanlah kembali isi artikel atau featrues itu kepada teman Anda. Adakah bagian tertentu yang belum diceritakan atau bahkan terlupa?
 Bagaimana cara mengatasi hal tersebut, agar Anda terhindar dari aspek lupa atau 'meninggalkan' informasi? Saya pribadi pernah mencobanya, dan hingga saat ini pun terus mencoba, yaitu dengan membiasakan diri membaca artikel atau features dari media cetak kapanpun saya mau. Jenuh? Ya, itu pasti. Tetapi saya membutuhkan hal itu untuk mengasah kemampuan verbal dan memori taktis saya.

 Oleh karena itu, perlu teman-teman pahami bahwa paparan pengalaman pribadi saya tersebut bukanlah untuk menunjukkan apa yang telah saya perbuat. Namun semata-mata hanya untuk memacu semangat teman-teman agar lebih giat dan teliti dalam mencermati fenomena yang terjadi di sekitar kita.

0 komentar: