Senin, 24 Maret 2014

INISIASI 8 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN



Inisiasi 8: Pengawasan dan Pelaporan

Saudara mahasiswa, selamat berjumpa kembali pada Inisiasi ke 8 PUST 2229 Manajemen Perpustakaan. Pada inisiasi-inisiasi terdahulu kita sudah membahas tentangbeberapa fungsi manajemen antara lain fungsi perencanaan dan pengorganisasian. Pada inisiasi kali ini kita akan membahas tentang pengawasan dan pelaporan.

Anda tentunya telah mempelajari materi yang ada di modul 8 dan 9 PUST 2229. Anda tentunya masih ingat, bahwa pengawasan di perpustakaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang harus dilakukan karena dengan pengawasan pimpinan akansegera tahu jika terjadi penyimpangan dalam tugas-tugas perpustakaan dan dapat segera diperbaikinya. Pengawasan ini penting dilakukan karena pada dasarnya dalam kegiatan apapun sering terjadi penyimpangan, kekeliruan, ketidakefektifan dan ketidakefisienan yang tidak diinginkan.

Hal lain yang juga harus dilakukan dalam melaksanakan roda perpustakaan adalah pelaporan, yaitu penyampaian informasi kepada pimpinan sehingga pimpinan tahu apa yang sedang terjadi dan dengan demikian pimpinan tersebut dapat mengambil keputusan serta tindakan secara cepat dan tepat jika dibutuhkan. Pada dasarnya laporan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang apa (what) yang telah terjadi, dimana (where), bilamana (when) dan mengapa (why) hal itu terjadi, serta siapa (who) yang bertanggung jawab terhadap kejadian-kejadian tersebut.

Nah saudara mahasiswa, sekarang bagaimana dengan perpustakaan di tempat Anda bekerja atau di perpustakaan di lingkungan tempat tinggal Anda, apakah sudah melaksanakan fungsi pengawasan dan pelaporan tersebut? Menurut Anda bentuk pengawasan dan pelaporan seperti apa yang sebaiknya dilakukan di lingkungan perpustakaan tempat Anda bekerja atau di perpustakaan di sekitar tempat tinggal Anda? Berikan contoh dan diskusikan jawaban Anda dengan teman-teman Anda.

0 komentar: