Kamis, 27 Maret 2014

INISIASI 8 BAHASA INGGRIS UNTUK PUSTAKAWAN


Guys... we've come to the last week of this online tutorial. According to the RAT, this time we'll discuss about gerund.

Dalam suatu kalimat atau percakapan, seringkali kita menggunakan bentuk gerund dan infinitiveuntuk mengungkapkan suatu maksud. Gerund adalah bentuk kata kerja yang berakhiran dengan ing seperti blowing, opening, dan having, sedangkaninfinitive adalah bentuk kata kerja yang mengikuti to seperti to blow, to open, dan to have.Gerund disebut juga ”a verb noun” karena gerund merupakan kata benda yang berasal dari kata kerja.

Perhatikan contoh-contoh berikut ini.
It’s marvelous to have a 17th birthday party for a girl.
Blowing out 70 candles is too hard.
We get to open our presents.
Opening the presents is so much fun.

Kata-kata yang dicetak miring dan bergaris bawah merupakan contoh-contoh penggunaan gerund dan infinitive dalam suatu kalimat. Kata ”to have", dan ”to open” merupakan bentuk infinitive, sedangkan ”blowing” dan ”opening” merupakan contoh penggunaan bentuk gerund.

Sekarang perhatikan contoh lainnya berikut ini.
1. Stop reading the book
2. Stop to read the book

Pada contoh pertama, reading merupakan gerund (the –ing form of a verb), sedangkan pada contoh kedua to read merupakan bentuk infinitive. Kata reading pada contoh pertama merupakan bentuk gerund, yaitu kata yang dibentuk dari kata kerja (to read)+ -ing.

0 komentar: