Kamis, 27 Maret 2014

INISIASI 7 MEDIA TEKNOLOGI


“ Teknologi Internet ” 

Internet adalah suatu jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Internet pertama kali dikenalkan oleh sebuah badan yang disebut Advanced Research Project Agency (ARPA) milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Badan ini kemudian membentuk suatu jaringan yang disebut ARPANET pada tahun 1969.

Perkembangan teknologi internet telah memperkenalkan internet2, internet generasi baru atau Next-Generation Internet (NGI), dan Very-High-Speed Backbone Network Service atau disebut vBNS yang merupakan internet berkecepatan tinggi.

Internet bekerja melalui protokol yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), dan beroperasi pada jaringan berlapis yang disebut Model ISO-OSI.

Cara kerja internet terdiri dari dua langkah, yaitu:
Pertama, data yang akan dikirimkan (misalnya sebuah file teks) dibagi ke dalam paket data berukuran sama (paket), kemudian dikirimkan satu per satu. Di Internet, protokol ini disebut Internet Protocol (IP).
Kedua, harus dijamin setiap paket data sampai ke alamat yang benar dan semuanya benar diterima. Untuk itu diperlukan protokol lainnya, yaitu Transmission Control Protocol (TCP) yang mengaitkan sebuah blok data pada paket data IP, yang antara lain mengandung informasi mengenai alamat, jumlah total paket data dan urutan setiap paket yang membentuk paket tersebut. Hanya secara bersamaan kedua protokol membentuk kesatuan yang berfungsi, karena itu biasanya disebut TCP/IP.

Ada beberapa cara untuk melakukan koneksi ke internet, yaitu:
1. Sambungan langsung ke Network melalui server LAN.
2. Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP.
3. Sambungan langsung ke On-line Service seperti BBS, Compuserve.
4. Untuk dapat mengakses diperlukan persyaratan sebagai berikut:
a. Memiliki hardware berupa komputer.
b. Berlangganan dengan ISP (INTERNET Service Provider) atau Online Service.
c. Software/Program Aplikasi (tergantung fasilitas internet yang akan digunakan).

Sebagai suatu jaringan global, banyak fasilitas dan layanan yang disediakan oleh internet, mulai dari penelusuran informasi, komunikasi, kerja sama, layanan web, dan lain-lain. Adapun jenis-jenis layanan yang disediakan internet antara lain adalah;
1. Web.
2. E-mail.
3. Newsgroup.
4. FTP (File Transfer Protocol).
5. Tele Networking (TelNet).
6. Internet Phone/Conference.
7. WAIS Server.
8. Gopher.
9. Mailing List.

World wide web atau WWW yang sering disebut juga dengan istilah web saja, atau web site atau situs merupakan bagian layanan dari internet yang merujuk pada layanan multimedia suatu internet. Setiap situs memiliki alamat masing-masing yang disebut domain name yang memudahkan orang mengunjunginya. Ada dua kategori jenis domain, yaitu generic domain dan negara atau geografis.

Untuk dapat mengakses web kita memerlukan suatu piranti lunak yang disebut browser (penjelajah) seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, dan Mozilla Firefox.

Search engine atau mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia di dalam dunia maya, baik informasi alamat web (web pages), gambar, informasi atau teks, dan jenis file lainnya. search engine tersebut  antara lain adalah Yahoo! Google, MSN, Altavista, dan lain-lain.

0 komentar: