Kamis, 27 Maret 2014

INISIASI 1 MEDIA TEKNOLOGI


Fungsi dan Arti Penting  Teknologi Media di Perpustakaan

Para mahasiswa peserta tutorial online matakuliah Media Teknologi, pada tutorial 1 ini kita akan membicarakan materi tentang fungsi dan arti penting teknologi media di perpustakaan seperti yang dipaparkan pada KB 2 modul 1 BMP Media Teknologi. Silahkan didiskusikan !

Semua jenis perpustakaan pada hakikatnya mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai perantara antara sumber-sumber informasi dengan para pemakainya. Pada satu sisi, masyarakat baik secara perorangan maupun kelompok atau kelembagaan pada dasarnya merupakan pemakai informasi  yang memerlukan informasi untuk berbagai keperluan hidupnya atau untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya. Sementara pada sisi yang lain, informasi sebagai suatu ide, gagasan, temuan, dan lain-lain yang dihasilkan oleh para penulis atau pengarang  hanya dapat digunakan atau dimanfaatkan apabila informasi tersebut telah dituangkan dalam suatu media atau alat rekaman informasi. Media penyimpanan informasi tersebut merupakan bentuk sumber informasi yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasinya.

Perpustakaan sebagai lembaga yang bertugas menyediakan berbagai sumber informasi tidak pernah menjadikan sumber informasi utama atau penulis/pengarang  dan informasi dalam bentuknya yang masih asli atau informasi dalam bentuk lisan langsung sebagai suatu koleksinya. Akan tetapi, sumber-sumber informasi yang menjadi koleksi perpustakaan adalah sumber-sumber informasi yang tersimpan dalam suatu media penyimpan informasi yang berisi gagasan, ide, konsep, teori, temuan, dan lain-lain dari penciptanya.

Masyarakat memenuhi kebutuhan informasi melalui sumber-sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan dalam berbagai jenis format atau bentuk media penyimpan informasi. Dengan demikian, melalui sumber-sumber-sumber informasi yang tersedia, perpustakaan berusaha mempertemukan masyarakat dengan informasi yang diperlukannya. Oleh karenanya menjadi penting bagi perpustakaan untuk selalu menyediakan sumber-sumber informasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Perkembangan teknologi informasi tidak bisa lagi dihindari. Perpustakaan sebagai salah satu lembaga yang menyediakan jasa informasi bagi masyarakat memerlukan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara lebih baik. Berbagai kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi informasi baik berupa produk maupun metode menjadi pilihan yang paling rasional bagi perpustakaan untuk mengembangkan layanan yang diberikan.

Selain penerapan teknologi untuk kepentingan operasional dan teknis kegiatan perpustakaan dari mulai sistem penyediaaan atau akuisisi koleksi, pengolahan sampai pelayanan koleksi perpustakaan yang lazim dikenal dengan otomasi perpustakaan, produk-produk teknologi terutama dalam hal media penyimpan informasi juga memerlukan respon dari perpustakaan. Ketersediaan keragaman teknologi media informasi di perpustakaan akan memberikan alternatif yang bervariasi bagi penyediaan layanan perpustakaan. Para pemakai perpustakaan juga dapat memanfaatkan media yang tersedia di perpustakaan secara lebih bervariatif sehingga dapat menghilangkan kejenuhan dan dapat menimbulkan perasaan senang berada di perpustakaan.

Dengan tersedianya keragaman teknologi media di perpustakaan, juga memberikan kesempatan kepada para pemakai untuk mengakses berbagai jenis informasi secara luas, baik  informasi yang tersedia atau berada di dalam perpustakaan (local collection), maupun sumber-sumber informasi yang berada di luar perpustakaan (remote collection).

Dengan demikian, tidak ada lagi alasan  bagi perpustakaan untuk tidak memanfaatkan atau menggunakan teknologi informasi dalam upaya memberikan layanan perpustakaan secara lebih baik.


0 komentar: