Senin, 24 Maret 2014

INISIASI 7 B.INDONESIA




Hakikat Menulis

 Menulis merupakan kegiatan penuangan ide dan gagasan seseorang ke dalam media tulisan. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda dalam menulis, misalnya untuk mencatat, merekam, meyakinkan, melaporkan, menginformasikan, dan atau bahkan untuk mempengaruhi pembaca.

 Seorang penulis pasti berharap agar tulisannya dapat dipahami oleh pembaca sejelas maksud yang terkandung dalam pikirannya. Oleh karena itu, penggunaan kalimat efektif menjadi bagian yang sangat penting dalam menuangkan gagasan. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan informasi kepada pembaca sejelas dan seakurat pikiran atau gagasan penulisnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyusun kalimat efektif adalah kesepadanan dan kesatuan, kesejajaran bentuk, penekanan, kehematan, dan kevariasian dalam struktur kalimat.

 Penulis menuangkan setiap ide dan gagasan dalam sebuah paragraf. Setiap paragraf mengandung satu gagasan utama dan satu atau lebih gagasan penjelas. Paragraf yang baik memenuhi tiga persayaratan, yaitu 1) kepaduan (kohesi), berkaitan dengan keutuhan isi gagasannya. 2) Koherensi, berkaitan dengan kepaduan jalinan kalimat-kalimatnya. 3) kelengkapan, berkaitan dengan keutuhan dan kelengkapan informasinya.

0 komentar: