Senin, 12 Mei 2014

INISIASI 6 PENGANTAR ILMU PERPUSTAKAAN

Pengantar Ilmu Perpustakaan

Kerjasama perpustakaan adalah kerjasama yang melibatkan dua perpustakaan atau lebih. Ada beberapa dorongan dilakukannya kerjasama antarperpustakaan, yaitu adanya peningkatan luar biasa dalam ilmu pengetahuan meluaskan kegiatan pendidikan kemajuan dalam bidang teknologi dengan berbagai dampaknya terhadap industri, perdagangan dan perlunya pimpinan serta karyawan berbagai organisasi mengembangkan keterampilan dan teknik baru. 

Berkembangnya kesempatan dan peluang bagi kerjasama internasional
Berkembangnya teknologi informasi, terutama dalam bidang computer dan telekomunikasi.
Tuntutan masyarakat untuk memeroleh layanan yang sama.
Kerjasama memungkinkan penghematan fasilitas, biaya, tenaga manusia dan waktu.

Bentuk kerja sama dapat berbentuk kejasama pengadaan, penyimpanan buku yang kurang digunakan, kerja sama pemusatan pengadaan dan penyimpanan, kerjasama pertukaran dan redistribusi, pengolahan data bibliogragis, penyediaan fasilitas, pinjam antarperpustakaan, kerjasama antarpustakawan, penyusunan catalog induk, pemberian jasa informasi.

Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan kejasama, yaitu kolaborasi, konsorsium dan jaringan informasi. Kolaborasi sering diartikan keterkaitan sebuah perustakaan pada perpustakaan lain untuk menghasilkan sebuah produk. Konsorsium adalah kerjasama, koordinasi dan kolaborasi antara berbagai perpustakaan dengan tujuan berpatungan atau berkongsi sumber daya informasi.

0 komentar: