Rabu, 14 Mei 2014

INISIASI 4 PRESERVASI DAN KONSERVASI MEDIA

Salah satu prinsip dasar perpustakaan adalah “Perpustakaan diciptakan olehmasyarakat sebagai lembaga sosial”.

Ini berarti “Masyarakat harus menentukan arah pengembangan perpustakaan, dan perpustakaan harus menyesuaikan diri dengan arah tersebut”.

Masyarakat sebagai kumpulan individu yang saling berinteraksi saling memberi dan saling menerima, memiliki harapan dan keinginan yang berbeda-beda merupakan subyek yang harus dilayani oleh perpustakaan secara merata dan optimal.

Mengacu pada dan didukung dengan literatur lainnya maka aktivitas dalam perpustakaan perguruan tinggi dapat dikelompokkan menjadi bidang pendidikan, pengorganisasian dan pendayagunaan koleksi bahan pustaka/sumber informasi, pemasyarakatan perpustakaan, dokumentasi dan informasi, pengkajian pengembangan perpustakaan, dokumentasi dan informasi, pengembangan profesi, dan kegiatan penunjang lainnya.

Aktivitas pengorganisasian dan pendayagunaan koleksi bahan pustaka/sumber informasi merupakan aktivitas dalam pengembangan koleksi, pengolahan bahan pustaka, penyimpanan dan pelestarian bahan pustaka, dan pelayanan informasi.

Penyimpanan dan pelestarian bahan pustaka merupakan serangkaian kegiatan untuk menyimpan koleksi dalam jajaran yang rapi sehingga memudahkan proses temu kembali informasi dan kegiatan untuk merawat, menjaga dan melestarikan bahan pustaka agar dalam keadaan baik.

0 komentar: