Rabu, 14 Mei 2014

INISIASI 5 TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI


Prosedur Penyimpanan data (preservasi)elektronik

Dalam melakukan pengelolaan informasi, salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah masalah penyimpanan data.  Informasi yang sudah dipublikasikan perlu diarsipkan dengan baik dan dilengkapi dengan sistem temu kembali yang baik pula, sehingga apabila diperlukan setiap waktu dapat tersedia dengan mudah, cepat dan lengkap. Di perpustakaan, informasi baik bibliografi ataupun artikel lengkap yang disimpan di server perlu dikelola dengan baik agar tidak terjadi kerusakan atau perubahan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk membangun sistem tersebut perlu dibuatkan prosedur akses dan penyimpanan data yang tepat.

Media penyimpanan data di dalam komputer disebut sebagai memori, storage atau gudang. Dalam hal ini, pengertian memori terbagi menjadi 2 (dua), yaitu: internal memory dan external memory. Internal memory merupakan suatu memori yang terletak di dalam Center Processing Unit (CPU). Istilah lain yang sering digunakan untuk media penyimpanan adalah internal storage, main memory, memori utama atau hanya disebut sebagai memory. Sedangkan media penyimpanan yang berada di luar CPU dikatakan sebagai external memory. Kadangkala disebut juga dengan secondary storage, external storage atau backing storage.

Jenis Media Penyimpanan
Media rekam elektronik adalah media rekam dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Media rekam elektronik secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu media bentuk khusus, media magnetik, media optik dan media memori.  Kecuali media bentuk khusus dan magnetik, media rekam elektronik dapat menyimpan semua jenis data baik citra bergerak, citra diam, teks, grafik, peta, suara, dan bentuk multimedia lainnya.

Media penyimpanan data utama (internal storage) termasuk ke dalam jenis media penyimpanan elektronik  mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
• Secara keseluruhan operasinya bersifat elektronik sehingga operasinya sangat cepat dan handal,
• Karena operasinya yang elektronik, data hampir bisa diakses sekaligus dari memori utama,
• Dalam waktu kurang lebih seper-juta detik suatu item data dapat dipanggil kembali,
• Kecepatan akses yang tinggi membantu kecepatan pemrosesan.
Beberapa media penyimpanan
Media Penyimpanan Berbasis Film
Media Penyimpanan Magnetik (Magnetic Storage Media)
Media Penyimpanan Optikal (Optical Disc)

Media yang tercantum di atas merupakan media-media yang digunakan dalam penyimpanan data.

0 komentar: