Rabu, 14 Mei 2014

INISIASI 5 LAYANAN PERPUSTAKAAN



Peraturan dan Tata Tertib Perpustakaan

Beberapa masalah yang harus dicakup dalam peraturan dan tata tertib tersebut, antara lain berikut ini.
1. Etika di perpustakaan.
2. Keanggotaan perpustakaan.
3. Bahan pustaka yang tersedia dan bahan pustaka yang dapat dipinjamkan.
4. Sistem penyelenggaraan perpustakaan, meliputi peraturan peminjaman, dan peraturan penggunaan fasilitas.
5. Waktu pelayanan dan jam buka perpustakaan.
6. Sanksi dan hukuman bila melanggar peraturan.


C. Pemanfaatan Internet dalam Penelusuran Informasi

Internet adalah jaringan luas komputer, yang biasa disebut dengan worldwide network. Dengan internet maka kita akan dapat mencari dan mendapatkan jutaan informasi, mulai dari informasi kota-kota dunia, pemerintahan, budaya, teknologi, pribadi, berita, majalah dan Koran dari seluruh dunia dan sebagainya. Jadi singkatnya internet adalah sumber informasi dan alat komunikasi serta hiburan.

Beberapa fasilitas yang dapat kita manfaatkan dari internet yaitu:
1. Browser (Web Browser)
Browser adalah suatu program atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kita ke internet, lebih jelasnya Browser adalah suatu program yang digunakan untuk mengakses internet. Browser disebut juga dengan Web Browsing. Kita bisa memilih salah satu browser yang kita inginkan , misalnya: Internet Explorer (produk Microsoft Corporation), Netscape Communicator (produk Netscape), Mosaic atau yang lain.
 
2. E-Mail (Electronic Mail)
E-Mail (surat elektronik) adalah proses surat-menyurat yang dilakukan dalam internet, surat tersebut dapat berupa teks atau file. Kita dapat mengirim e-mail dengan gratis (bebas biaya) dengan menggunakan yahoo.com, hotmail.com, mailcity,com dan lain-lain.
 
3. Home Page
Home page adalah halaman yang ditampilkan setiap kali kita membuka Netscape Communicator atau internet Explorer.
 
4. Web Page
Internet terdiri dari berjuta-juta halaman, dan setiap halaman disebut dengan halaman web (web page). Sedangkan halaman yang pertama kali muncul ketika kita browser Netscape Communicator atau internet Explorer) disebut dengan home page. Web Page biasa juga disingkat dengan Web atau halaman saja. Web Page, disebut juga dengan URL (alamat internet).
 
5. Web Site
Web Site adalah suatu menu yang terdapat di dalam suatu halaman (biasa disingkat dengan site dan di – indonesiakan menjadi situs)
 
6. Chating
Chating adalah komunikasi dengan sesama pemakai internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara (tergantung peralatan yang terpasang pada komputer kita).

0 komentar: