Rabu, 14 Mei 2014

INISIASI 2 TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Pengantar Teknologi Hardware
Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu unsur pembentuk sistem informasi. Kehandalan perangkat keras yang digunakan juga akan menentukan kinerja sistem.  Namun sejauhmana spesifikasi perangkat keras yang harus digunakan sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi, perlu suatu analisis tersendiri sehingga implementasi perangkat keras sesuai dengan kebutuhan organisasi. 

Penerapan internet untuk menyebarkan informasi koleksi perpustakaan menuntut adanya perangkat keras yang tidak saja untuk mempermudah memenuhi kebutuhan pengguna yang datang langsung ke perpustakaan, namun juga untuk kebutuhan para pengguna yang berada jauh dari lokasi perpustakaan. Oleh karena itu dalam perencanaan penggunaan perangkat keras perlu diketahui secara rinci apa saja jenis dan bagaimana konfigurasi yang akan diterapkan di perpustakaan.

Teknologi merupakan hasil karya kreasi dan inovasi manusia untuk mempermudah berbagai proses dan kegiatan dalam kehidupannya. Penerapan keilmuan untuk mempelajari dan kemampuan mengembangkan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik dalam suatu bidang tertentu. Jadi, teknologi dapat diartikan sebagai suatu aplikasi dari ilmu dan rekayasa untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia, atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek.

Era sistem informasi dimulai tahun 1980, teori manajemen modern mulai diperkenalkan dan yang paling banyak dipelajari adalah teori manajemen perubahan. Semua kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pada pentingnya TI sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menang dalam persaingan. Era jaringan dimulai pertengahan tahun 1980, penggunaan komputer yang terintegrasi telah diperkenalkan. Jaringan yang biasa disebut dengan LAN (Local Area Network) atau MAN (Metropolitan Area Network) di dalam suatu perusahaan atau gedung. Selanjutnya era jaringan global dimulai tahun 1990, organisasi sudah dihubungkan dengan jaringan sistem teknologi informasi secara global dengan teknologi telekomunikasi melalui internet. Transaksi dapat dilakukan dengan internet melalui transaksi elektronik bahkan pembayaranpun dilakukan dengan elektronik (electronic payment).

Teknologi informasi dapat dipergunakan untuk menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses. Teknologi informasi juga dapat memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi dari suatu tugas atau proses. Selain itu, teknologi informasi juga berpengaruh pada restrukturisasi peran manusia.
Teknologi yang berkembang saat ini dan banyak dimanfaatkan olh berbagai pihak serta berbagai kepentingan, diantarnya

(1) Nirkawat (Wireless)
Teknologi nirkawat dalam beberapa tahun belakangan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat.  Teknologi ini memungkinkan pengiriman data dan informasi tanpa menggunakan media kabel.
Beberapa keuntungan  dari teknologi nirkawat antara lain :
a. meningkatkan produktivitas,
b. meningkatkan fleksibilitas kerja,
c. real time akses yang sangat membantu untuk menimpermudah pengambilan keputusan,
d. mengurangi pemeliharaan.
Jenis Perangkat Keras
(Hardware)

Perangkat keras komputer adalah fisik dari komputer itu sendiri yang berisi sirkuit digital. Komputer dibentuk oleh perangkat yang dikenal dengan perangkat keras (hardware).  Perangkat keras berfungsi sebagai input, pemroses dan output. Input dihasilkan oleh input device, pemroses dilaksanakan oleh CPU dan output dikerjakan oleh output device.

0 komentar: