Selasa, 13 Mei 2014

INISIASI 8 PENGANTAR ILMU PERPUSTAKAAN

Komunikasi Ilmiah 

Komunikasi ilmiah adalah komunikasi yang berlangsung antara ilmuwan yang menyangkut ilmu pengetahuan secara lebih terperinci diartikan sebagai pemberitahuan, pengalihan, penerusan atau penyampaian informasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada dasarnya komunikasi ilmiahpun ada 2 jenis, yaitu yang bersifat formal dan informal. Kedua jenis komunikasi ilmiah tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Komunikasi ilmiah terekam bermanfaat bagi pemakai karena komunikasi ini diperoleh setelah seseorang membaca artikel dan kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan baru dengan menyebutkan rujukan yang digunakan. Berkembangnya teknologi komunikasi informasi khususnya internet, memunculkan majalah bentuk baru, yaitu majalah elektronik yang terbit dalam bentuk kopi makas (hard copy) dan elektronik serta majalah yang sepenuhnya terbit dalam bentuk elektronik. Internet juga memunculkan bentuk jurnal baru.
 Materi lain yang dibahas pada modul 11 ini adalah tentang ekonomi informasi, yang artinya bahwa informasi yang ada tersebut haru didapat dengan membeli. Jadi, informasi tersebut mengandung nilai ekonomi. Nilai informasi tergantung pada usia dan waktu dijual. Informasi yang baru cenderung memiliki nilai yang lebih. Walaupun informasi sudah dijual, informasi tetap dipertahankan pemiliknya. 

 Beberapa ciri ekonomi umum dari informasi adalah sebagai berikut :
 1. Informasi bebas dari bentuk fisiknya
 2. Informasi memiliki nilai tidak pasti
 3. Waktu memengaruhi nilai informasi
 4. Individu berbeda persepsi tentang informasi
 5. Jarak memengaruhi jumlah penggunaan informasi.
 6. Nilai informasi meningkat seiring dengan akumulasi informasi
 7. Informasi bersifat terluaskan dan swahasilkan
 8. Biaya informasi bebas dari skala aplikasi
 9. Informasi tetap pada pemilik walaupun informasi sudah ditransfer ke orang lain.

0 komentar: