Selasa, 13 Mei 2014

INISIASI 1 PENGEMBANGAN KOLEKSI

Kebijakan Pengembangan Koleksi

Beberapa tahun terakhir ini telah terjadi ledakan informasi, karena banyaknya bahan pustaka yang diterbitkan. Oleh karena itu tidak ada satu perpustakaan pun yang dapat memiliki semua bahan pustaka yang dibutuhkan penggunanya. Untuk itu perpustakaan harus menentukan bahan pustaka yang tepat yang paling banyak dibutuhkan oleh penggunanya, supaya pemanfaatan koleksi perpustakaan menjadi optimum. Sementara itu perlu diingat bahwa dana yang tersedia jumlahnya sangat terbatas, disamping itu ketersediaannya kadang-kadang tidak berkesinambungan, maka penggunaan dana harus dilakukan sebaik-baiknya. Dengan demikian sangat diperlukan kebijakan tertulis yang dapat digunakan sebagai pedoman pengembangan koleksi.

Kebijakan Pengembangan Koleksi adalah suatu kebijakan dan perencanaan dokumen yang diperlukan perpustakaan agar dapat memberikan informasi yang sesuai dengan tugas yang diemban organisasi induknya.
Yang juga termasuk dalam kebijakan pengembangan koleksi adalah:
 1) Kebijakan Seleksi yang terdiri dari prosedur tertulis mengenai seleksi,  alat-alat seleksi yang akan digunakan dan metode yang harus diikuti dalam menentukan materi atau bahan pustaka yang akan dibeli.
 2) Kebijakan Pengadaan yang berisikan prosedur-prosedur yang harus dilakukan untuk memperoleh bahan pustaka.

Perlu diketahui dan diingat bahwa sebuah kebijakan adalah sebuah rencana. Sebuah kebijakan pengembangan koleksi, bila disiapkan dengan baik pada kenyataannya adalah rencana induk perpustakaan untuk membangun dan memelihara koleksinya. Koleksi itu merupakan salah satu unsur utama dalam pelayanan perpustakaan, sehingga mutu koleksi akan sangat berpengaruh terhadap mutu pelayanan perpustakaan. Untuk menjadikan perencanaan yang baik, kebijakan pengembangan koleksi haruslah merefleksikan dan menghubungkannya dengan rencana-rencana lain, terutama rencana jangka panjang dan strategis.

Pengembangan koleksi adalah proses menghasilkan kepastian bahwa perpustakaan dapat memenuhi kebutuhan informasi dari populasi yang dilayaninya dalam cara yang tepat waktu dan ekonomis, menggunakan sumber daya informasi yang diproduksi di dalam maupun luar organisasi. Pengembangan koleksi yang efektif membutuhkan penciptaan sebuah rencana untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan koleksi dan memelihara kekuatan-kekuatannya. Sebuah kebijakan pengembangan koleksi adalah pernyataan tertulis dari rencana itu, yang memberikan rincian-rincian untuk pedoman staf perpustakaan. Jadi, sebuah pernyataan kebijakan adalah sebuah dokumen yang mewakili sebuah rencana  kerja dan informasi yang digunakan untuk membimbing cara berpikir staf dan pengambilan keputusan. Tegasnya, staf perpustakaan berkonsultasi dengan kebijakan pengembangan koleksi ketika mempertimbangkan subjek mana yang ditambah dan memutuskan seberapa banyak penekanan diberikan terhadap masing-masing subjek. Pada waktu yang sama, kebijakan itu seharusnya merupakan sebuah mekanisme untuk berkomunikasi dengan populasi yang dilayani perpustakaan, sebaik terhadap mereka yang memberikan dana kepada perpustakaan.

0 komentar: