Selasa, 13 Mei 2014

INISIASI 7 PENGANTAR ILMU PERPUSTAKAAN



Teknologi dan Komunikasi Informasi (TKI)

Teknologi dan komunikasi informasi adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan masyarakat menciptakan, mengumpulkan, konsolidasi dan mengomunikasikan informasi dalam format multimedia dan berguna untuk berbagai kepentingan masyarakat. Dua komponen penting dalam TKI adalah komputer dan telekomunikasi.

Ada beberapa dampak teknologi dan komunikasi informasi terhadap masyarakat, yaitu :
meningkatnya produksi serta semakin tersedianya perangkat lunak dan perangkat keras TI yang semakin kuat.
tersedianya infrastruktur nasional dan global yang lebih efisien dengan tujuan akses dan penghantaran informasi yang lebih efisien.
meningkatnya produksi dan publikasi informasi digital dalam multi media.

Selain itu TKI juga memiliki dampak terhadap perpustakaan, yaitu memungkinkan menciptakan informasi digital dan memungkinkan terbentuknya akses terpasang serta transfer berkas.

Bagaimana TKI dapat mempengaruhi pekerjaan pustakawan dalam menjalankan pekerjaannya di sebuah perpustakaan sehingga ada beberapa perubahana dalam perpustakaan, yaitu perpustakaan akan menjadi digital, perpustakaan akan masuk ke berbagai jaringan, jenis koleksi perpustakaan akan berubah komposisinya, perpustakaan akan memiliki akses ke informasi global dan perpustakaan bersifat atau menjadi maya atau virtual.
 Materi lain yang akan dibahas dalam materi inisiasi ini adalah tentang sistem temubalik informasi yang dibahas pada modul 10. Sistem simpan dan temubalik informasi adalah sebuah system yang mengolah informasi, menyimpan, kemudian menemkan informasi.Konsep temubalk informasi berasumsi bahwa ada dokumen berisi informasi yang telah diorganisasi atau ditata yang sesuai untuk ditemu kembali dengan mudah.

0 komentar: